SajianSedap.com - Cara refund tiket kereta api terbaru 2022 memang memiliki pembaruan.
Apalagi dengan kondisi pandemi covid, cara refund tiket kereta api terbaru memiliki beberapa perbedaan.
Bahkan dalam beberapa situasi, cara refund tiket kereta api terbaru, uang bisa kembali 100 persen.
Namun tentu ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku jika pembatalan tiket kereta api dilakukan.
Memang bisa Anda secara mendadak harus membatalkan tiket kereta api.
Padahal Anda barangkali sudah membeli jauh-jauh hari tiket kereta ini.
Tentunya Anda harus melakukan pembatalan dan melakukan refund.
Nah untuk melakukan refund tiket ini tidak sulit kok.
Bahkan dalam kondisi tertentu, uang Anda bisa kembali 100 persen.
Tentunya hal ini kabar gembira untuk Anda.
Untuk melakukan refund tiket ada beberapa syarat yang harus Anda lakukan.
Dikutip dari Kompas.com (23/9/22), ketentuan terkait batas waktu pembatalan tiket kereta api di stasiun berbeda dengan metode pembatalan tiket online.
Berikut ini beberapa syarat pembatalan tiket kereta api di stasiun
Pertama, pembatalan perjalanan atas permintaan penumpang, dilayani di loket stasiun yang ditunjuk selambat - lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sebagaimana tercantum dalam Boarding Pass.
Selanjutnya, daftar stasiun yang melayani pembatalan dapat dilihat pada Daftar Stasiun Pembatalan.
Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan dengan menunjukkan bukti identitas asli sesuai data yang tercantum pada Boarding Pass serta menyerahkan salinannya (fotocopy).
Dalam hal pemohon pembatalan bukan pemilik Boarding Pass, maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik Boarding Pass kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan.
Penerima kuasa tetap menunjukkan bukti identitas asli penerima kuasa, bukti identitas asli pemilik Boarding Pass serta menyerahkan salinan (fotocopy) bukti identitas pemilik Boarding Pass dan penerima kuasa.
Dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif kereta api diluar biaya pemesanan.
Jika Boarding Pass yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka salinan (fotocopy) bukti identitas dan/atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud.
Pemohon mengisi formulir pembatalan terdiri dari rangkap 2 berupa data Boarding Pass dan data penumpang serta keterangan pengambilan biaya pembatalan.
Formulir pembatalan tembusan yang telah divalidasi oleh petugas, diberikan kepada pemohon sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengambilan biaya pembatalan jika pilihan pengembalian biaya dilakukan secara tunai.
Pengembalian biaya dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk.
Daftar Stasiun yang melayani pengambilan biaya dapat dilihat Daftar Stasiun Pembatalan.
Penumpang yang melakukan pengambilan biaya secara tunai setelah hari ke-30, menyerahkan tembusan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai.
Jika dalam satu formulir pembatalan terdapat lebih dari satu nama penumpang, maka pengambilan biaya dapat diwakilkan pada salah satu penumpang yang tertera pada formulir tersebut.
Jika formulir pembatalan hilang, maka wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian pada saat pengambilan biaya secara tunai di loket.
Sementara itu, ketentuan dan syarat pembatalan tiket kereta api via KAI Access adalah sebagai berikut
Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass.
Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan.
Baca Juga: BERITA POPULER : Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Sampai Cara Bikin Kamar Mandi Tidak Bau Pesing
Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
Namun ada ketentuan tambahan jika pembatalan tiket dilakukan karena tiket ditolak dengan beberapa alasan.
Dikutip dari penumpang.kai.id, ada beberapa ketentuan pembatalan tiket bagi calon penumpang dengan kondisi khusus.
Anda dapat dilakukan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dan loket stasiun paling lambat h+7.
Uang kembali penuh 100 %.
Pengembalian bea atas pembatalan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan.
Untuk melakaukan pembatatan berikut syaratnya:
- Proses pembatalan wajib diwakilkan.
- Wajib melampirkan surat kuasa bermeterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan.
- Menunjukkan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket.
- Dalam hal tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud.
- Pengembalian bea langsung tunai.
- Dapat dilakukan di loket stasiun atau contact center 121 wa 08111 2111 121, paling lambat h+3.-
- Uang lembali penuh 100 %.
- Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 wa 08111 2111 121 skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan
Selain itu, bagi calon penumpang suhu badan di atas 37,3 derajat celcius pada saat proses boarding dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut.
- Hanya dapat dilakukan di loket stasiun.
- Pembatalan dilakukan mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api dan paling lambat sebelum keberangkatan kereta api.
- Pengembalian bea langsung tunai kembali penuh 100%.
- Khusus untuk penumpang reaktif / positif, tiket dapat dibatalkan maksimal 10 (sepuluh) orang dewasa dalam satu kode booking beserta infant di dalam kode booking tersebut.
- Dapat dilakukan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dan loket stasiun, paling lambat h+7.
- Uang kembali penuh 100 %.
- Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan.
Nah itulah beberapa cara refund tiket kereta api terbaru.
Baca Juga: Bisa Dipakai Kapan Saja, ini Cara Rawat Inap Tanpa Rujukan Gratis dengan BPJS, Berikut Syaratnya
Source | : | KAI.id,Kompas |
Penulis | : | Idam Rosyda |
Editor | : | Idam Rosyda |
KOMENTAR