SajianSedap.com - Siapa yang suka belanja di supermarket ataupun toko online.
Saat ingin membeli sesuatu barang yang sama, pasti kita kerap membandingkan produk tersebut dari harga.
Nah, hal yang pertama kita lihat dari harga ada hal menarik.
Salah satunya adalah angka triple 9 atau 999 dibagian akhir.
Misal harga minyak goreng 1 liter memiliki harga promo Rp 15.999 lalu kenapa tidak dibulatkan jadi Rp 16.000 saja?
Bukan tanpa alasan, menurut ahli ini merupakan bagian strategi dari produsen.
Melansir kompas.com, peneliti bidang marketing Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Catur Sugiarto, penulisan harga berakhiran 999 merupakan harga psikologis atau psychological pricing.
Hal tersebut dimaksudkan supaya harga suatu produk terlihat lebih murah agar konsumen mau membeli.
"Itu sebagai gimmick saja biar terlihat lebih murah, meskipun sebetulnya selisih tidak signifikan," ujar Catur.
Ia menyampaikan, pencantuman harga berakhiran 999 dengan harga yang sudah dibulatkan tidak terkait margin atau keuntungan dari produk yang dijual.
Sebab, jarak antara harga yang berakhiran 999 dengan harga bulat tidak berbeda jauh.
Baca Juga: Waduh! Jual Es Teh Pakai Mesin Pom Bensin, Ternyata Segini Harganya Kalau Mau Beli Alatnya Sendiri
KOMENTAR