SajianSedap.com - Setiap tahunnya, konsumsi masyarakat Indonesia terhadap teh kian meningkat.
Melanisir Data Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan rata-rata konsumsi teh celup per kapita dalam seminggu sebesar 2,79 gram pada September 2021 lalu.
Jumlah itu mengalami kenaikan 0,72% dibandingkan pada Maret 2021 yang sebesar 2,77 gram.
Konsumsi teh bubuk per kapita di Indonesia sebesar 0,041 ons dalam seminggu pada September 2021.
Jumlah tersebut turun 0,04% dibandingkan pada Maret 2021 yang sebesar 0,043 ons.
Sementara, tingkat konsumsi teh kemasan mencapai 51,5 mililiter (ml) pada September 2021.
Nilai tersebut naik 0,08% dibandingkan pada Maret 2021 yang sebesar 47,75 ml.
Hasil data ini dimanfaatkan dengan baik oleh Chatime, sebagai peluang.
Siapa yang tak kenal dengan merek Chatime?
Gerai yang fokus menyajikan aneka olahan teh ini turut andil membuat masyarakat Indonesia menyukai minuman dengan bahan dasar teh.
Tak cuma diseduh dengan air panas seperti di rumah, Chatime sukses meracik dan meramu satu gelas teh dengan ragam bahan tambahan yang disuka masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Cara Menikmati Pengalaman Minum Teh Premium ala CHATIME ATEALIER
Lebih dari 400 gerai Chatime yang tersebar diseluruh Indonesia pun diterima dengan sangat baik.
Walau begitu, Chatime tidak berkompetisi 'sendiri' sebagai gerai minuman berbasis teh.
Di Jakarta khususnya, kian banyak gerai-gerai olahan teh semakin bertumbuh.
Chatime sendiri pasti sadar, tak cuma soal produk, pelayan yang baik dari karyawan juga menjadi alasan produknya semakin diminati.
Untuk lebih meningkatkan hal tersebut, Chatime menggelar Chatime Indonesia Tea-rista Competition 2023.
Sejak tahun 2011, Chatime Indonesia yang merupakan bagian dari F&B Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan di keseharian pelanggan melalui produk dan pelayanan yang menyenangkan.
Komitmen ini terwujud sesuai dengan hasil penelitian oleh Populix pada tahun 2022 yang menyebutkan bahwa Chatime dipersepsi sebagai merek minuman kekinian di Indonesia dengan produk yang berkualitas.
Devin Widya Krisnadi, CEO F&B ID, induk perusahaan yang menaungi brand Chatime Indonesia
menyampaikan,
“Selain berfokus pada kepuasan pelanggan, Chatime Indonesia juga terus memperhatikan pengembangan people sebagai salah satu pilar bisnis F&B ID, khususnya kemampuan para tea-rista. Kami percaya bahwa setiap tea-rista kami mempunyai potensinya masing-masing.
Sebuah prestasi membanggakan bahwa para tea-rista Chatime Indonesia meraih juara kedua saat bersaing secara global pada tahun 2022 lalu. Dengan semangat #GoodTeaGoodTime, Chatime bersama F&B ID menghadirkan kembali ajang Chatime Indonesia Tea-rista Competition di tahun 2023.”
Bertempat di NLW Hall, Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan pada 21 Juli 2023 kemarin, Chatime Indonesia Tea-rista Competition 2023 sukses digelar.
Baca Juga: Rayakan Opening Store Ke-300, Chatime Resmi Menghadirkan Store Premium, Chatime Atealier
Tak hanya menjadi ajang unjuk keterampilan meracik minuman dan pengetahuan seputar brewed tea antar tea-rista, gelaran dengan tema cup of creativiTEA ini menjadi upaya pengembangan kemampuan karyawan dari Chatime Indonesia.
Tea-rista Competition yang menyeleksi lebih dari 400 tea-rista Chatime terpilih dari seluruh gerai
Chatime di Indonesia sejak bulan Maret 2023 lalu.
Gelaran Grand Final menyisakan tiga tim yang terdiri dari enam tea-rista yang akan bersaing untuk menampilkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam menyajikan minuman dengan cara dan kreativitas terbaik kemudian mempresentasikan ide kreasinya, bahan yang digunakan, hingga rasa yang disajikan.
Tidak hanya menggunakan bahan-bahan terbaik, hal ini juga berkat keterampilan dari para tea- ista Chatime.
Layaknya barista, tea-rista merupakan panggilan khusus untuk ahli meracik minuman berbahan dasar teh.
Dengan berlangsungnya acara ini, Chatime terus berupaya untuk memastikan kemampuan para tea-rista dalam menyajikan minuman dan memberikan pelayanan prima.
Selama jalannya acara, para peserta tak terlihat begitu gugup ataupun demam panggung.
Dalam berbahasa Inggris pun mereka cukup cakap menjelaskan minuman yang mereka sajikan dihadapan para dewan jui.
Selama 2 babak, para peserta sukses menyajikan minuman dengan tema yang berbeda seperti Gen Z, Tropical, Energetic, dan Healthy hingga para tea-rista ditantang untuk berkreasi dengan menggunakan bahan utama Cimory Yogurt yang menjadi on the go healthy snack yang kaya akan serat dengan sari buah, sumber protein dan kalsium.
Pada akhirnya Ariobimo Alfiano dan Tasya Sheva Prafasiwi dari gerai Chatime Jakarta terpilih sebagai juara pertama.
Baca Juga: Resep Es Jeli Karamel Teh Susu, Minuman Segar Dengan Jeli yang Begitu Menggiurkan
Sementara Yusri dan Kartika Dwi Arum dari gerai Chatime Makassar sebagai juara kedua.
Kedua pasangan ini berhasil unggul dalam beberapa aspek penilaian, yaitu kreativitas pembuatan minuman berbahan dasar teh, kesesuaian kreasi dengan tema, rasa dan tampilan minuman, serta kemampuan tea-rista dalam mempresentasikan hasil kreasinya.
Pada bulan Oktober 2023 mendatang, kedua tim Tea-rista Champion terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan.
Di tahun lalu, pasangan Muhammad Ridwan dari gerai Chatime Jakarta dan Maria Ulfa dari gerai Chatime Pekanbaru, berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara kedua di ajang Internasional ini.
Ini membuktikan kalau kualiatas tea-rista Indonesia mampu bersaing dengan negara lain seperti Taiwan, Filipina, Malaysia, Inggris, Australia, hingga Kanada yang berturut-turut keluar sebagai juara.
"Kami berharap memberikan yang terbaik pada Oktober mendatang dan Chatime Indonesia bisa mengharumkan nama Indonesia," pungkas Devin dihadapan awak media.
Baca Juga: Resep Es Teh Markisa Bersoda, Minuman Dengan Kesegaran Ganda Favorit Keluarga
KOMENTAR