SajianSedap.com - Cara mengajukan pengembalian barang dan dana di Shopee perlu diketahui siapa saja.
Sebab aktivitas berbelanja online terkadang terjadi kesalahan, maka penting untuk mengetahui cara mengajukan pengembalian barang dan dana di Shopee.
Jadi simak berikut ini cara mengajukan pengembalian barang dan dana di Shopee.
Saat ini, berbelanja online telah menjadi tren dalam pembelian berbagai kebutuhan.
Dengan belanja online melalui market place atau platform jual beli online, semua dapat dengan mudah dilakukan.
Hanya dengan memesan barang melalui HP, barang akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli.
Namun, karena barang yang dibeli hanya bisa dilihat melalui gambar atau video, terkadang ada ketidakcocokan atau ruska ketika sampai di tangan pembeli.
Pembeli biasanya akan komplain kepada penjual karena hal ini dan Shopee akan memfasilitasi masalah ini.
Pembeli dapat mengajukan pembelian barang dan dana kepada penjual melalui Shopee.
Cara mengajukan pengembalian barang dan dana di Shopee pun cukup mudah dan cepat dilakukan.
Dikutip dari laman resmi help.shopee.co.id, syarat mengajukan pengembalian barang dan dana ini adalah pastikan Anda telah menerima pesanan Anda dengan baik sebelum klik Pesanan Diterima.
Pasalnya, Anda hanya dapat mengajukan permintaan pengembalian barang/dana jika Anda belum memilih Pesanan Diterima di halaman Rincian Pesanan.
Setelah memilih Pesanan Diterima, Garansi Shopee untuk pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan dilepaskan ke Penjual.
Artinya, cara mengajukan pengembalian dana di Shopee hanya bisa dilakukan sesuai ketentuan tersebut.
Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda telah menerima pesanan Anda dalam kondisi baik sebelum klik Pesanan Diterima.
Sekali lagi, cara mengajukan pengembalian barang di Shopee atau pengembalian berupa uang bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee jika pesanan Anda masih dalam masa Garansi Shopee dan belum mengeklik Pesanan Diterima.
Berikut tata cara mengajukan pengembalian dana di Shopee selengkapnya:
1. Buka aplikasi Shopee, Pilih Saya, Pilih tab Dikirim, Pilih Pesanan, dan Pilih Ajukan Pengembalian.
2. Pilih produk yang akan dikembalikan di Rincian Pesanan, lalu Pilih Alasan.
Berikut adalah alasan pengembalian barang dan dana Shopee dapat Anda pilih: Produk tidak sampai, Produk tidak lengkap/kosong (Contoh: bagian produk ada yang hilang atau kurang), Produk salah (Contoh: ukuran, warna, atau produk berbeda), Produk cacat (Contoh: produk penyok, ada goresan, atau retak), Produk tidak berfungsi dengan baik, Produk tidak original, dan Produk berbeda dengan deskripsi/foto.
3. Setelah memilih Alasan Pengembalian Barang/Dana, berikan bukti dan deskripsi (jika ada), lalu Pilih Solusi yang sesuai.
Terdapat dua solusi yang tersedia, tergantung alasan pengembalian barang/dana yang Anda pilih: 'Pengembalian Barang dan Dana' atau 'Pengembalian Dana Saja untuk alasan Tidak Menerima Pesanan dan Produk Tidak Lengkap (Anda dapat memasukkan Jumlah Pengembalian Dana)'
Baca Juga: Cara Jualan Online di Shopee Biar Makin Cuan, 1 Tips Ini Masih Banyak yang Nggak Tahu Lho
4. Pilih Kirim.
Sebagai catatan, informasi yang perlu Anda isi dalam pengajuan pengembalian barang/dana dapat berbeda-beda, tergantung alasan pengembalian yang telah dipilih.
Contohnya, Anda tidak perlu menyertakan bukti untuk pengajuan pengembalian barang/dana dengan alasan tidak menerima pesanan.
Semua langkah mengajukan permintaan pengembalian barang/dana adalah sama. Perbedaannya hanya terletak pada bukti pendukung.
Pilihan Pengembalian Dana Saja hanya dapat dipilih untuk alasan berikut: Produk Tidak Diterima, Produk Tidak Lengkap, Produk di bawah kategori Barang Mudah Rusak, dan Produk dan Layanan Digital.
Untuk produk Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di Gudang Shopee.
Untuk produk non-Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari kalender sejak input resi atau maks. 2 hari kalender sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).
Hasil permintaan pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email. Untuk kasus pengembalian dana saja, Shopee akan meninjau kasus tersebut dan menghubungi Anda kembali mengenai penyelesaiannya.
Untuk kasus pengembalian barang dan dana, Anda akan diminta untuk mengirim dan mengembalikan produk.
Program Shopee Loyalty adalah bentuk penghargaan dari Shopee kepada pengguna setianya dengan memberikan keuntungan tambahan berdasarkan level loyalty pengguna.
Pada program Shopee Loyalty terdapat empat level, yaitu Classic, Silver, Gold, dan Platinum.
Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Cara Dapat Uang Dari Tiktok, Cocok Buat Nambah Pendapatan
Shopee memberikan keuntungan tambahan yang berbeda setiap levelnya, semakin tinggi level loyalty maka semakin banyak keuntungannya.
Cara menaikkan level loyaltynya, pengguna harus mencapai jumlah pembelanjaan tertentu. Shope Loyalty juga tidak berlaku selamanya, level akan kembali ke Classic setiap periode tertentu.
Keuntungan yang bisa didapatkan salah satunya adalah voucher gratis ongkir Shopee yang bisa diklaim setiap bulannya.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cara Mengajukan Pengembalian Barang dan Dana di Shopee
Source | : | kompas |
Penulis | : | Amelia Pertamasari |
Editor | : | Raka |
KOMENTAR